Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada CV. Sinar Telekom Transputer Medan

Harahap, Nurhamidah Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada CV. Sinar Telekom Transputer Medan.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
NURHAMIDAH HARAHAP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan dan loyalitas pelanggan didasari dengan merek produk di suatu
perusahaan. Merek merupakan simbol atau tanda yang membantu bagi konsumen
untuk mengetahui mengenai produk, perusahaan yang memiliki merek yang
menguntungkan, pasti akan memperoleh posisi yang lebih baik. Selain itu, merek
merupakan cara untuk membedakan identitas produk perusahaan dengan produk
yang dihasilkan oleh pesaing bisnis. Merek juga dapat membantu manajemen
untuk memperluas lini produk serta mengembangkan posisi pasar yang spesifik
bagi suatu produk tersebut. Merek yaitu deskripsi tentang asosiasi dan keyakinan
konsumen terhadap merek yang dipakai. Konsumen yang terbiasa menggunakan
merek pasti cenderung memiliki konsistensi terhadap merek tersebut. Merek
memiliki arti kepada suatu pencitraan sebuah produk dibenak konsumen secara
keseluruhan. Setiap konsumen akan memiliki pencitraan yang sama terhadap
sebuah merek. Semakin kuat merek di benak konsumen maka semakin kuat pula
rasa keinginan konsumen untuk tetap menggunakan produk tersebut, terhadap
produk yang dibelinya. Hanya produk yang memiliki merek yang kuat yang tetap
mampu bersaing di dunia pasar. Analisis penelitian bertujuan untuk mengetahui
apakah brand image berpengaruh terhadap loyalitas dengan melalui kepuasan
pelanggan sebagai variabel intervening pada CV. Sinar Telekom Transputer
Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif dengan
bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi
linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 335 responden.
Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa brand image berpengaruh positif dan signifkan terhadap kepuasan
pelanggan. Brand image berpengaruh positif dan signifkan terhadap loyalitas
pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifkan terhadap
loyalitas pelanggan. Brand image dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif
dan signifkan terhadap loyalitas pelanggan. Brand image berpengaruh terhadap
loyalitas dengan melalui kepuasan pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan
Divisions: Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Unnamed user with email efa@pancabudi.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2022 09:13
Last Modified: 17 Jun 2022 09:13
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item
View Item