Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Terhadap Kepuasan Konsumen H&M Di Medan

Saputra and Muhammad Gilang Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Terhadap Kepuasan Konsumen H&M Di Medan.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
muhammad gilang saputra 2021.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Konsep bisnis H&M "Fashion dan kualitas dengan harga terbaik" adalah nilai-nilai
H&M yang didasarkan pada rasa hormat yang mendasar bagi setiap individu dan
termasuk keyakinan yang teguh. Nilai lainnya adalah kerjasama tim,
kesederhanaan, semangat kewirausahaan, kesadaran biaya, dan keterbukaan. Saat
ini H&M adalah perusahaan global, dengan ribuan rekan H&M melayani jutaan
pelanggan.
Citra produk H&M pernah tercoret pada tahun 2018 karena salah satu iklan
dianggap rasis, namun pihak manajemen global H&M langsung mengeluarkan
permintaan maaf dan berjanji akan melakukan investigasi. Kualitas produk
merupakan karakteristik dari suatu produk atau jasa yang bergantung pada
kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang tersurat maupun
tersirat. Citra merek merupakan suatu persepsi terhadap suatu merek yang
merupakan cerminan dari ingatan konsumen akan keterkaitannya dengan merek.
Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan
(kinerja atau hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya.
Pendekatan penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan jenis survei. Populasi dalam penelitian ini meliputi konsumen
yang sebelumya membeli pakaian H&M di Kota Medan. Penelitian ini mengambil
sampel dengan teknik Quota Sampling, yaitu teknik menentukan sampel suatu
populasi yang memiliki karakteristik tertentu dengan jumlah Kuota yang diinginkan
sebanyak 100 responden.
Peneliti menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk menguji rangkaian
hubungan yang relatif kompleks. PLS adalah teknik statis untuk menguji dan
memperkirakan hubungan sebab akibat dengan mengintegrasikan analisis faktor
dan analisis jalur.
Berdasarkan hasil penelitian Nilai R Square pengaruh bersama-sama atau simultan
X1 (Kualitas Produk) dan X2 (Citra Merek) terhadap Kepuasan Konsumen atau Y,
dengan nilai Nilai R Square pengaruh secara bersama-sama atau simultan X1 dan
X2 Terhadap Y adalah sebesar 0,625 dengan nilai adjusted r square 0,611. Maka,
dapat dijelaskan bahwa semua konstruk exogen (X1 dan X2) secara serentak
mempengaruhi Y sebesar 0,611 atau 61,1%. Oleh karena Adjusted R Square kuat
lebih dari dari 61% maka pengaruh semua konstruk eksogen X1 dan X2 terhadap
Y termasuk kuat.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kepuasan Konsumen

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Unnamed user with email widya@pancabudi.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 01:38
Last Modified: 18 Jun 2022 01:38
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item
View Item