Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Jico Agung Medan (Studi Kasus untuk produk tepung ayam goreng MamaSuka)

Ardiansyah Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Jico Agung Medan (Studi Kasus untuk produk tepung ayam goreng MamaSuka).

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ARDIANSYAH.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari bagaimana pengaruh dari Kualitas Produk
(X1) dan Harga (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) Produk MamaSuka dari
PT. Jico Agung Medan. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh
konsumen dari PT. Jico Agung Medan yang membeli produk MamaSuka selama
30 hari yang berjumlah 600 konsumen. Sampel penelitian yang diambil sebanyak
86 responden yang jumlahnya ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin.
Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling dengan kriteria tertentu. Penelitian ini dilakukan dari
September 2020 – Februari 2021. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif
yang diolah dengan SPSS 24.0 dengan model regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukkan kualitas produk dan harga baik secara parsial maupun
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen
Produk MamaSuka dari PT. Jico Agung Medan. Dimana secara parsial kualitas
produk memiliki nilai regresi sebesar 0,399, thitung sebesar 3,945 dengan ttable
sebesar 1,989 dan signifikan 0,000. Sedangkan Harga memiliki nilai regresi
sebesar 0,518, thitung sebesar 6,717 dengan ttable sebesar 1,989 dan signifikan 0,000.
Harga menjadi variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen
karena memiliki nilai thitung terbesar. 80,2% kepuasan konsumen dapat dijelaskan
dan diperoleh dari kualitas produk dan harga, sedangkan sisanya 19,8% diperoleh
dari faktor lain. Kepuasan konsumen memiliki hubungan yang sangat kuat
terhadap kualitas produk dan harga dengan nilai R sebesar 0,895.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Harga
Divisions: Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Unnamed user with email efa@pancabudi.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 02:28
Last Modified: 18 Jun 2022 02:28
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item
View Item