Pengaruh Citra Merek (Band Image) Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova Di Auto2000 Sisingamangaraja Medan

Widiantoro Pengaruh Citra Merek (Band Image) Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova Di Auto2000 Sisingamangaraja Medan.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
WIDIANTORO.pdf

Download (7MB)

Abstract

Salah satu industri yang tumbuh pesat sampai saat ini adalah industri otomotif, perkembangannya ditunjang dengan bertambah luasnya sarana jalan, peningkatan pendapatan masyarakat yang meningkat menempatkan mobil bukan lagi untuk golongan menengah keatas. Toyota Kijang Innova, Isuzu Panther, dan Nissan Grand Livina sebagai mobil segmen MPV medium yang mendominasi penjualan mobil segmen MPV Medium di Indonesia mengalami peningkatan Top Brand Index (TBI) dalam tiga tahun terakhir ini. Akan tetapi Toyota Kijang Innova pada tahun 2016 hingga 2019 mengalami penurunan, namun TBI Toyota kijang Innova relative masih tinggi dibandingkan dengan merek mobil segmen MPV Medium lainnya. Dimana dalam tiga tahun terakhir ini selalu berhasil meraih predikat Top Brand tertinggi di bandingkan dengan Isuzu Panther dan Nissan Grand Livina. Keputusan pembelian oleh konsumen adalah keputusan yang melibatkan persepsi terhadap kualitas, nilai dan harga. Konsumen tidak hanya menggunakan harga sebagai indikator kualitas tetapi juga sebagai indikator biaya yang dikorbankan untuk ditukar dengan produk atau manfaat produk. Disinilah kita melihat sejauh mana merek dapat memengaruhi penilaian konsumen dengan Brand Image (Citra Merek) dari produk tersebut. Faktor--faktor pendukung terbentuknya brand image dapat dijelaskan sebagai berikut: 1). Keunggulan asosiasi merek (favorability of brand association). 2). Kekuatan asosiasi merek (strength of brand association). 3). Keunikan asosiasi merek (uniqueness of brand association). Sedangkan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dipengaruhi oleh beberapa hal yang seperti kualitas produk, harga, promosi kesadaran merek, citra merek, kepribadian merek, popularitas Pendekatan penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah ) penelitian asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Auto2000 Sisingamangaraja yaitu sebanyak 85 konsumen yang membeli mobil bermerek Toyota Kijang Innova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Keunggulan Asosiasi Merek, Kekuatan Asosiasi Merek, dan Keunikan Asosiasi Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova di Auto2000 Sisingamangaraja Medan

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: putra
Date Deposited: 18 Jun 2022 03:42
Last Modified: 18 Jun 2022 03:42
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item
View Item