Sitepu, Tatami Aginta Pengaruh Faktor Kepribadian, Kreativitas, Tingkat Pendidikan, Lingkungan Keluarga dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Pedagang Makanan Online Di Kota Binjai).
Tatami 2021.pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
faktor kepribadian, kreativitas, tingkat pendidikan, lingkungan keluarga dan
penggunaan sosial media terhadap minat berwirausaha (studi kasus pada
pedagang makanan online di Kota Binjai). Pengambilan data penelitian ini
menggunakan teknik sampling jenuh dengan menyebar kuesioner dan wawancara
kepada 40 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi
linear berganda dengan menggunakan IBM SPSS 20. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) Kepribadian berpengaruh secara parsial dan signifikan
terhadap minat berwirausaha, (2) Kreativitas berpengaruh secara parsial dan
signifikan terhadap minat berwirausaha, (3) Tinkat pendidikan tidak berpengaruh
secara parsial dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha, (4) Lingkungan
keluarga berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat berwirausaha,
(5) Penggunaan sosial media berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap
minat berwirausah. (6) Faktor kepribadian, kreativitas, tingkat pendidikan,
lingkungan keluarga dan penggunaan sosial media berpengaruh secara simultan
terhadap minat berwirausaha. Nilai koefisien Adjusted R Square sebesar 0,293
atau 29,3% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian, Kreativitas, Tingkat Pendidikan, Lingkungan Keluarga, Penggunaan Sosial Media, Minat berwirausaha |
Divisions: | Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Unnamed user with email efa@pancabudi.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2022 03:48 |
Last Modified: | 18 Jun 2022 03:48 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/1382 |