SYAH, RODIMAMSYAH Pengaruh Kemudahan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa Kepelabuhanan Pelindo 1”.
RODIMAMSYAH.pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui lebih jelas bagaimana
pengaruh kemudahan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan
menggunakan jasa kepelabuhanan PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero). Penelitian
ini dilakukan menggunakan teknik pengambilan sampel Non Probability sampling
jenis purposive yaitu teknik penarikan sampel dengan kriteria sesuai dengan tujuan
penelitian. Kriteria penarikan sampel pada penelitian ini yaitu perusahaan terdaftar,
perusahaan telah menggunakan jasa kepelabuhan PT. Pelindo I (Persero) minimal
2 kali dan perusahaan pernah melakukan komplain karena adanya ketidakpuasan.
Pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner / angket kepada responden 92
pelanggan perusahaan. Model yang digunakan dengan Regresi Berganda dan diolah
melalui SPSS Ver, 22.0. Hasil dari gabungan variabel kemudahan dan kualitas
pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan (nilai koefisen Fhitung > Ftabel 5,296 > 3,10 pada signifikan
0.007 < 0.05), maka Ho di tolak dan Ha diterima. Bahwa angka R Square 0,106
yang dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 10,6% kepuasan
pelanggan dapat diperoleh dan dijelaskan oleh kemudahan dan kualitas pelayanan.
Sedangkan sisanya 100% - 10,6% = 89.4% dijelaskan oleh faktor lain atau variabel
diluar model, seperti faktor promosi, harga dan variabel lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Kemudahan, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan |
Divisions: | Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Unnamed user with email efa@pancabudi.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2022 04:32 |
Last Modified: | 18 Jun 2022 04:32 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/1456 |