Aulia, Dinda Pengaruh Kualitas Pelayanan Wisata, Promosi dan Nilai Pelanggan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Objek Wisata Tangkahan Kabupaten Langkat.
DINDA AULIA.pdf
Download (7MB)
Abstract
Kepuasan wisatawan menjadi faktor penting dalam pengelolaan wisata, karena
wisatawan yang puas akan berdampak pada perilaku konsumen untuk tetap loyal
terhadap lokasi wisata, berminat berkunjung kembali dan bersedia
merekomendasikannya terhadap orang lain. Judul penelitian ini adalah “Pengaruh
Kualitas Pelayanan Wisata, Promosi dan Nilai Pelanggan Objek Wisata Terhadap
Kepuasan Wisatawan di Objek Wisata Tangkahan Kabupaten Langkat”. Penelitian
ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui lebih jelas bagaimana pengaruh kualitas
pelayanan wisata, promosi dan nilai pelanggan objek wisata terhadap kepuasan
wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 68 orang
responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuisioner.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan
menggunakan analisis regresi berganda yang pengelolahannya dilakukan dengan
program SPSS Versi 16. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan wisata secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
kepuasan wisatawan di tempat pariwisata Tangkahan Langkat. Hal ini dibuktikan
dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang bertanda positif dengan nilai
thitung sebesar 1,901 dengan sig.0,062. Promosi secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan wisatawan di tempat pariwisata Tangkahan Langkat.
Hal ini dibuktikan dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang bertanda
positif dengan nilai thitung sebesar 7,450 dengan sig.0,000. Nilai pelanggan secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan di tempat
pariwisata Tangkahan Langkat. Hal ini dibuktikan dari analisis regresi linier
berganda melalui uji-t yang bertanda positif dengan nilai thitung sebesar 2,845 dengan
sig.0,006. Kualitas pelayanan, promosi dan nilai pelanggan secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan di tempat pariwisata
Tangkahan Langkat. Hal ini dibuktikan dari analisis regresi linier berganda melalui
uji-F yang bertanda positif dengan nilai F-hitung sebesar 96,283 dengan sig.0,000.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Wisata, Promosi dan Nilai Pelanggan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan |
Divisions: | Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Unnamed user with email efa@pancabudi.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2022 04:35 |
Last Modified: | 18 Jun 2022 04:35 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/1470 |