Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi (Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

UNSPECIFIED Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi (Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019).

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
JELITA RIA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of JELITA RIA.pdf] Text
JELITA RIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh corporate social responsibility
terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada
perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI).
Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini ialah nilai perusahaan,
variabel dependen digunakan ialah CSR dan profitabilitas sebagai variabel
moderasi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menganalisis
laporan tahunan perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI
selama 4 tahun dari tahun 2016-2019. Populasi pada penelitian ini berjumlah 51
perusahaan dan sampel 32 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 128
sampel dan metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
asosiatif dan menganalisis data menggunakan analisis linier uji parsial (uji t).
Hasil pada penelitian ini adalah variabel independen corporate social
responsibility (X) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (Y) sedangkan
profitabilitas (Xm) mampu memoderasi hubungan CSR dengan nilai perusahaan.
Hasil uji determinasi (R2
) menunjukkan bahwa variabel bebas CSR terhadap nilai
perusahaan dapat menunjukkan pengaruh sebesar 24 % dan sisanya 76%
ditentukan dari variabel lain selain penelitian ini. Dan hasil uji determinasi setelah
dimoderasi menunjukkan pengaruh sebesar 35,9%. 35,9% lebih besar daripada
24% yang menunjukkan bahwa dengan adanya ROA sebagai pemoderasi,
hubungan CSR dan nilai perusahaan semakin meningkat. Hal ini menunjukkan
bahwa ROA mampu memoderasi hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan.
Kata Kunci : CSR, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Item Type: Article
Divisions:
Depositing User: Solly Aryza Lubis
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:43
Last Modified: 14 Jun 2022 03:51
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item
View Item