ST, Ahmad Rio (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN AKHLAK SISWA MELALUI MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH SUNGGAL MEDAN. Other thesis, Fakultas Agama Islam dan Humainora.
AHMAD RIO. ST, 1710110120.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi Problem Based Learning Dalam Mengoptimalkan Akhlak Siswa Melalui Mata Pelajaran Aqidah
Akhlak Di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Sunggal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pesantren Darul Mahmuda. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pengumpulan dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara/Interview, data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa Instrumen Pedoman Wawancara (IPD) yang di
lakukan dengan beberapa subjek. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan respon dari peserta didik cenderung menyukai
pembelajaran dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (PBL) karena selain dilakukan secara berkelompok peserta didik dituntun untuk bisa berpikir secara kritis dalam
memecahkan suatu masalah. Selain itu penelitian ini juga mengungkapkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah bisa menjadi referensi guru dalam menciptakan pembelajaran
yang melibatkan peserta didik lebih aktif dan menyenangkan. Adapun faktor pendukung terlaksananya strategi PBL dalam mengoptimalkan akhlak siswa melalui mata pelajaran aqidah akhlak adalah : 1) Kurikulum 2013, 2) Tenaga guru dan Staff Yayasan, 3) Peran serta orang tua, 4) Sarana dan Prasarana. Sedangkan faktor penghambat terlaksananya strategi PBL
adalah: peserta didik lebih suka media video atau gambar sehinggah kurang minat membaca. Kemudian lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, arus globalisasi modern sehinggal peserta didik mudah terpengaruh dengan lingkungan termasuk pengaruh gadget yang sangat luar biasa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Strategi Problem Based Learning, Akhlak Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | UNPAB Perpustakaan |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 03:11 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 08:09 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/2741 |