Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kursus Kumon Cempaka

NAPITUPULU, ALANA BONA FARINA (2024) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kursus Kumon Cempaka. Other thesis, Fakultas Sosial Sains.

[thumbnail of ALANA BONA FARINA NAPITUPULU.pdf] Text
ALANA BONA FARINA NAPITUPULU.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Kursus Kumon Cempaka. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel orang tua siswa di Kursus Kumon Cempaka. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada 52 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Uji Analisis Data, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Kesesuaian, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil temuan dari penelitian ini adalah: (1)Ada pengaruh kualitas produk secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Kursus Kumon Cempaka. (2)Ada pengaruh kualitas pelayanan secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Kursus Kumon Cempaka. (3)Secara positif tidak terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di Kursus Kumon Cempaka. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 45,047 > 2,80 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti H0 ditolak. Dalam penelitian ini diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 85,9%. Artinya kepuasan pelanggan di kursus kumon cempaka mampu dijelaskan oleh variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Kursus Kumon Cempaka, sedangkan harga tidak berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pelanggan di Kursus Kumon Cempaka.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: UNPAB Perpustakaan
Date Deposited: 25 Jan 2025 02:48
Last Modified: 25 Jan 2025 02:50
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item
View Item