ANALISIS ORIENTASI PASAR,LINGKUNGAN,DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHAFAP INOVASI PRODUK UMKM DI BANA PISANG LUMER KAMPUNG LALANG

PANJAITAN, LASULI MARGARET (2024) ANALISIS ORIENTASI PASAR,LINGKUNGAN,DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHAFAP INOVASI PRODUK UMKM DI BANA PISANG LUMER KAMPUNG LALANG. Other thesis, Fakultas Sosial Sain.

[thumbnail of LASULI MARGARET PANJAITAN.pdf] Text
LASULI MARGARET PANJAITAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis orientasi pasar, lingkungan dan
keungguan bersaing terhadap inovasi produk UMKM Bana Pisang Lumer
Kampung Lalang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan
92 konsumen sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan pembagian kuisioner dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan formula statistik yakni dengan menggunakan uji normalitas,
uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan analisis regresi linier berganda
dengan program SPSS Versi 23.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan
signifikan terhadap inovasi produk dengan nilai thitung 2,796 dan sig. 0,006 < 0,05.
Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dengan
nilai thitung 2,219 dan sig. 0,029 < 0,05. Keunggulan bersaing berpengaruh positif
dan signifikan terhadap inovasi produk dengan nilai thitung 4,216 dan sig. 0,000 <
0,05. Orientasi pasar, lingkungan da keunggulan bersaing berpengaruh secara
serempak terhadap inovasi produk dengan nilai Fhitung sebesar 35,485 dengan sig
0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Lingkungan, Keunggulan Bersaing, Inovasi Produk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: UNPAB Perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2025 01:01
Last Modified: 30 Jan 2025 01:01
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/2886

Actions (login required)

View Item
View Item