Dampak Digitalisasi gen Z Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB)

MEILANY, RATI (2024) Dampak Digitalisasi gen Z Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB). Other thesis, Fakultas Sosial Sain.

[thumbnail of RATI MEILANY.pdf] Text
RATI MEILANY.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis mengambil judul penelitian yaitu “DAMPAK
DIGITALISASI GEN Z TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Kasus
Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB)” di era yang serba digital saat ini membuat
seseorang untuk berperilaku konsumtif, tinginya peran digitalisasi dalam praktek
kehidupan sehari – hari membuat seseorang menjadi berperilaku konsumtif
khususnya pada mahasiswa Generasi Z Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB.
Dengan menggunakan penelitian analisis deskriptif kuantitatif, metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang ditimbulkan oleh beberapa
faktor yang di lihat dari variabel E-money, Fitur Live Streaming, Literasi Digital,
Sumber Pendapatan dan Gender terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Prodi
Ekonomi Pembangunan UNPAB. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data data primer yang dihimpun dari wawancara langsung kepada mahasiswa
dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti
melalui uji Hipotesis Uji T Parsial menyatakan bahwa Variabel E-Money, Fitur
Live Streaming, Literasi Digital Berprngaruh positif dan signifikan, Variabel
Gender di ketahui berpengaruh positif dan tidak signifikan. Sedangkan Sumber
Pendapatan memiliki pengaruh yang negative dan tidak signifikan terhadap
Perilaku Konsumtif. Melalui Uji F Simultan diketahui E-Noney, Fitur Live
Streaming, Literasi Digital, Sumber Pendapatan dan Gender Berpengaruh secara
Bersama terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Gen Z Prodi Ekonomi
Pembangunan UNPAB. Dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 70.20%
menjelaskan adanya hubungan yang era tantara variabel yang dileti. Adapun sara
kesimpulan penelitian ini disarankan kepada mahasiswa agar dapat memanfaatkan
aplikasi fintech (E-Money) secara lebih luas bukan hanya sekedar digunakan untuk
transaksi jual beli atau transfer keuangan melainkan memanfaatkan lebih luas akan
kegunaan aplikasi seperti untuk kepentingan menabung, investasi atau
menggunakan aplikai kredit yang efektif dalam memenuhi kebutuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: E-Money, Fitur Live Streaming, Literasi Digital, Perilaku Konsumtif
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: UNPAB Perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2025 04:13
Last Modified: 30 Jan 2025 04:13
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item
View Item