TAFONAO, SUTRIYANI (2024) ANALISIS MOTIVASI KERJA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP KINERJA PEGAWAI BRI KCP GAJAHMADA MEDAN. Other thesis, Fakultas Sosial Sain.
![[thumbnail of SUTRIYANI TAFONAO.pdf]](http://eprints.pancabudi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SUTRIYANI TAFONAO.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh dari motivasi kerja, kualitas
pelayanan, dan kepuasan nasabah terhadap kinerja pegawai pegawai BRI KCP
Gajah Mada Medan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 37 pegawai. Jumlah
sampel yang diambil juga sebanyak 37 orang pegawai sebagai responden.
Penelitian ini berjenis asosiatif yang menggunakan data primer-kuantitatif yang
dikumpulkan melalui kuesioner yang kemudian diolah dengan aplikasi SPSS
Versi 24. Penelitian dilakukan di tahun 2024. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi
kerja, kualitas pelayanan, dan kepuasan nasabah baik secara parsial maupun
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai
pegawai BRI KCP Gajah Mada Medan. Hasil uji t menunjukkan motivasi kerja
memiliki nilai regresi sebesar 0,566, thitung sebesar 4,598, dan nilai signifikan
sebesar 0,000. Kualitas pelayanan memiliki nilai regresi sebesar 0,237, thitung
sebesar 3,744, dan nilai signifikan sebesar 0,001. Kepuasan nasabah memiliki
nilai regresi sebesar 0,248, thitung sebesar 3,506, dan nilai signifikan sebesar 0,000.
Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 293,160, dan nilai signifikan sebesar
0,001. Nilai ttabel yang dihasilkan sebesar 2,035 dan nilai Ftabel sebesar 2,892. Hal
ini menunjukkan thitung > ttabel dan Fhitung > Ftabel sehingga Hipotesis H1, H2, H3, dan
H4 terbukti benar dan dapat diterima. Variabel yang paling dominan
mempengaruhi kinerja pegawai adalah variabel motivasi kerja dengan thitung
terbesar yaitu sebesar 4,598. Sekitar 96,1% kinerja pegawai pegawai dapat
dijelaskan dan diperoleh dari motivasi kerja, kualitas pelayanan, dan kepuasan
nasabah, sedangkan sisanya diperoleh dari faktor lain. Kinerja pegawai memiliki
hubungan yang sangat kuat terhadap motivasi kerja, kualitas pelayanan, dan
kepuasan nasabah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Kerja, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Kinerja Pegawai. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | UNPAB Perpustakaan |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:18 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 04:18 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/3006 |