Analisis Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Baju Anak Donita Di Matahari Dept. Store Manhattan Times Square Medan

ALYA, SORAYA (2024) Analisis Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Baju Anak Donita Di Matahari Dept. Store Manhattan Times Square Medan. Other thesis, Fakultas Sosial Sains.

[thumbnail of SORAYA ALYA.pdf] Text
SORAYA ALYA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui analisis kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pelanggan pakaian anak Donita di Matahari Department Store Manhattan Times Square Medan. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian berjumlah 3863 orang. Jumlah sampel 96 responden pelanggan. Sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Data primer diperoleh dari proses pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil analisis jalur diketahui uji t variabel kualitas produk adalah 2,809 > 1,660 dengan signifikansi 0,006 < 0> 1,660 dengan signifikan 0,000 < 0> 1,660 dengan signifikan 0,000 < 0> 2,70 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga kualitas produk dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil analisis jalur persamaan pertama Z = 0,278 X + €1, dan persamaan kedua Y = 0,30 X + 0,627 Z + €2, sehingga pengaruh langsungnya adalah 0,355. Sedangkan pengaruh tidak langsung harus dihitung dengan mengalikan koefisien tidak langsung yaitu ,278 x 0,627 = 0,174, atau pengaruh total kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan = 0,355 + (0,307 + (0,278x 0,627) = 0,481.. Oleh karena nilai (P3 < P1 x P2) maka kepuasan pelanggan berfungsi sebagai variabel intervening. Hasil uji R2 menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,584, sehingga dapat diperoleh 58,4% loyalitas pelanggan yang dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: UNPAB Perpustakaan
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:56
Last Modified: 31 Jan 2025 08:56
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/3051

Actions (login required)

View Item
View Item