Utami, Adha Ayu Upaya Meningkatan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Bercerita Menggunkan Media Gambar di RA. SALSABILA SUNGGAL.
ADHA AYU UTAMI.pdf
Download (13MB)
Abstract
Kondisi Akhlak anak di RA. Salsabila masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh beberapa factor diantaranya, ada anak yang belum jujur, kurang hormat pada orang tua, dan kurang menghargai temannya, untuk mendorong hal itu menjadi lebih baik maka digunakan metode bercerita menggunakan media gambar. Metode Bercerita adalah salah satu yang digunakan dalam metode pembelajaran. Media Gambar adalah media yag dapat menarik perhatian anak sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima anak dan meningkat pula Akhlak Anak di RA. Salsabila Sunggal. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar di RA. Salsabila Sunggal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ). Alat pengumpul data terdiri dari, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan dua siklus, terdiri empat tahap yaitu, perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan di Siklus I dan Siklus II dapat disimpulkan bahwa Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan Akhlak anak di RA. Salsabila Sunggal. Hal ini dapat terlihat adanya perkembangan yang meningkat di Pertemuan ke-1 mencapai 37,5 % , pertemuan ke-2 mencapai 45,0 %, pertemuan ke-3 mencapai 52,5 % pertemuan ke-4 mencapai 58,7 %. kemudian pada Siklus II, pertemuan ke-5 mencapai 65 %, pertemuan ke-6 mencapai 71,8 % pertemuan ke-7 mencapai 78,7 %, pertemuan ke-8 mencapai 85 %. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Akhlak, Metode Bercerita, dan Media Gambar
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty of Humaniora > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:59 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 01:59 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/321 |