Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019

Tarigan, Wilhelimina Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
WILHELIMINA BR TARIGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

STRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai ukuran
perusahaan, profitabilitas, leverage terhadap nilai perusahaan dengan menguji
masing-masing variabel. Melalui penelitian ini, dapat diketahui konsep variabel
manakah yang paling berpengaruh terhadap nilai perusahaan.Objek penelitian adalah
perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2016
sampai 2019, perusahaan manufaktur yang menerbitkan laporan keuangan dari
periode 2016-2019, dan perusahaan manufaktur yang tidak mengalami kerugian
selama periode 2016-2019. Metode yang digunakan dalam pemilihan objek pada
penelitian ini adalah purposive sampling. Model analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan
bantuan program komputer SPSS versi 16.0 for Windows.Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa leverage memiliki kemampuan yang paling baik dibandingkan
dengan ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Secara parsial
hanya variabel leverage yang terbukti signifikan mempengaruhi variabel dependen
(nilai perusahaan). Namun, secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas, dan
leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Nilai Perusahaan

Item Type: Article
Divisions:
Depositing User: Unnamed user with email widya@pancabudi.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:26
Last Modified: 16 Jun 2022 02:26
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item
View Item