IRAWATI, EVA Penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini di RA Al Ikram Medan Helvetia.
EVA IRAWATI.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini di RA Al Ikram Medan Helvetia Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Panca Budi, Dosen Pembimbing : Dr. Tumiran M.Pd. dan Bachtiar Siregar, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan pada siswa kelompok B dalam membaca kata benda diRA Al-Ikram Medan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil belajar siswa dalam membaca kata dari berbagai jenis tumbuhan dan bagiannya, bahwa siswa yang tidak tuntas sebesar 23,80% (Mulai Berkembang) dan 52,38% (Belum Berkembang). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan belajar mengajar dengan penggunaan metode bermain kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca kata bergambar benda Alat Masak, Alat Komunikasi, Alat Kebersihan dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca kartu kata bergambar tumbuhan dan bagiannya, setelah penggunaan metode bermain kartu kata bergambar pada kelompok B diRA Al-Ikram Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Ikurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus dari pra-siklus, siklus I dan siklus II. Pada siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penilaian non tes, dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut : Penggunaan metode bermain kartu kata bergambar berkembang untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa terlihat berkembang yaitu bisa dilihat mulai dari pra siklus, sampai tindakan siklus I dan siklus II yang sudah dilakukan pada saat pembelajaran. Bisa dilihat dari kemampuan membaca mulai pra siklus sebesar 14 % dan kemudian di penelitian selanjutnya yaitu siklus 1 sebesar 47,61%. Dan kemudian di Penelitian Tindakan Kelas pada siklus yang ke II mengalami peningkatan sebanyak 90%. Sehingga penelitian dengan menggunakan kartu kata bergambar yaitu mengalami peningkatan ynag sangat baik.
Kata Kunci : Membaca Kata Benda, Bermain Kartu Kata Bergambar
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty of Humaniora > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:37 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:37 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/372 |