EFEKTIVITAS KEGIATAN MENDONGENG DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK INAYAH AZ ZAHRA MEDAN

Susanti, Juli EFEKTIVITAS KEGIATAN MENDONGENG DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK INAYAH AZ ZAHRA MEDAN.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
JULI SUSANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di TK Inayah Az Zahra Medan yang
sudah menerapkan kegiatan mendongeng dalam proses pembelajarannya.
Berdasarkan kegiatan mendongeng tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian
yang berjudul “Efektivitas Kegiatan Mendongeng Dalam Pengembangan Bahasa
Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk Inayah Az Zahra Medan”.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana efektivitas kegiatan
mendongeng dalam mengembangkan bahasa anak usia 5 - 6 tahun di TK Inayah Az
Zahra?”.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi yang
alamiah, dimana penelitiadalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data
dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian pada penelitian ini peneliti menemukan beberapa hal berikut,
yang pertama, pengembangan bahasa siswa sudah berkembang sangat baik dengan
diterapkannya metode mendongeng dalam proses pembelajaran. Ini dapat dijadikan
salah satu alternatif dalam mengembangkan bahasa siswa. Yang kedua, guru dapat
mengikuti pelatihan-pelatihan tentang mendongeng kreatif agar lebih menguasai
teknik mendongeng, dan yang terakhir adalah media pembelajaran juga dapat dibuat
semenarik mungkin agar siswa lebih antusias lagi, sehingga daya simak dan bahasa
siswa lebih berkembang lagi.
Kata Kunci : Kegiatan Mendongeng, Pengembangan Bahasa

Item Type: Article
Divisions:
Faculty of Humaniora > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:49
Last Modified: 16 Jun 2022 02:49
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item
View Item