UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN IBADAH SHOLAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA DINI

KHAIRUNISAH, KHAIRUNISAH UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN IBADAH SHOLAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA DINI.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
KHAIRUNISAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan menggunakan
metode pengumpulan data yaitu observasi, interview atau wawancara dan
dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak usia dini dan guru di Paud Ummul
Habibah desa Klambir lima kebun Kec. Hamparan perak.
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan
ketrampilan ibadah sholat anak usia dini di paud Ummul Habibah melalui metode
demonstrasi dengan media gambar. Yaitu cara guru dalam menyajikan pembelajaran
melalui metode demonstrasi dengan media gambar, dan keadaan anak usia dini dalam
menerima pembelajaran ketrampilan ibadah sholat melalui metode demonstrasi
dengan media gambar.
Hasil penelitian dalam upaya meningkatkan ketrampilan ibadah sholat melalui
metode demonstrasi dengan media gambar pada anak usia dini adalah guru
menyajikan dan mendemonstrasikan media gambar didepan kelas lalu anak usia dini
mengikuti atau menirukan gerakan yang dilihatnya pada gambar tersebut. Dengan
cara ini tidak membosankan bagi anak karena dapat menarik perhatian dan
kefokusanannya melalui media gambar yang menyenangkan dan juga melatih daya
ingat anak usia dini. Melalui metode demonstrsi dengan media gambar dapat
memudahkan anak dalam meningkatkan ketrampilan ibadah sholatnya, dapat dilihat
dari hasil penilaian perkembangan anak dari belum berkembang (BB), mulai
berkembang (MB), berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik (BSB).
Kata kunci : Ketrampilan Ibadah Sholat, Metode demonstrasi, media gambar, anak
usia din
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai ,Media Pengajaran, Bandung: PT. Sinar
Baru
Algesindo, 2020
Purwanto dan Alim, https://forum.tropong.id-2017-10-11-Pengertian-media-
gambar- fungsi-manfaat-macam-macam-kelebihan-dan-kelemahan-serta-
contoh-
media-gambar-Minggu. 02.08.2020-21.43.WIB.
Ridwan, Statistika Untuk Lembaga dan Instansi Pemerintah/Swasta,
Bandung: Alfabeta, 2004
Rosdiana A.Bakar. Pendidikan Suatu Pengantar.Bandung: Cita Pustaka
Media
Perintis. 2009.
Rozana, S., Munisa, M., Nofianti, R., & Widya, R. (2021). Improving Hijrah
Methods
in Finding Happiness Life. Budapest International Research and Critics
Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 5945-
5950.
S.Margono, Metodologi Penelitian, Jakarta :Rineka
Cipta.2010. Sugiyono, Memahami Penelitian,Jakarta: Alfa
Beta,2006. Sulaiman Rasjid, “Fiqih Islam”.Sinar Baru
Algesindo, 2011.
Supardi, Metodologi Penelian Ekonomi Dan Bisnis, Yogyakarta: UII Press, 2005.
Syaiful Bahri Djamarah, “Strategi Belajar Mengajar.” Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Teguh Triwiyanto, Pengatar Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Udin S. Winaputra, dkk. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UT, 2009.
Undang-undang Republik Indonesia. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003

Item Type: Article
Divisions:
Faculty of Humaniora > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:52
Last Modified: 16 Jun 2022 02:56
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item
View Item