NURJANNAH, NURJANNAH PENERAPAN SENI MELIPAT KERTAS ORIGAMI DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI DI RA RAUDHATUL JANNAH PAYA GELI DELI SERDANG.
NURJANNAH.pdf
Download (3MB)
Abstract
Motorik halus anak adalah gerakan yang melibatkan otot-otot kecil seperti
dalam menggunakan jari-jari tangan dan gerakan yang dilakukan oleh pergelangan
tangan dengan tepat yang memerlukan koordinasi mata dan tangan, misalnya
menggunting dan melipat kertas, kegiatan melipat kertas adalah kegiatan yang
diajarkan oleh guru agar anak lebih kreatif dan memberikan conoh yang baik
terhadap anak.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seni melipat kertas dalam
meningkatkan motorik halus pada Kelas Rahmah di RA Raudhatul Jannah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan guru dan anak-
anak, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya motorik halus anak yaitu
meniru bentuk, menempel gambar yang tepat, mengekspresi diri melalui gerakan dan
menggunakan alat tulis yang benar. Hasil dari penelitian ini seni melipat kertas
origami meningkat dalam setiap siklusnya yaitu dari pra siklus, siklus I dan siklus II.
Pada siklus I yang mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik hanya sebesar 25%,
pada siklus II meningkat menjadi 81,25%.
Hal ini membuktikan bahwa penerapan seni melipat kertas origami dapat
meningkatkan motorik halus pada anak Kelas Rahmah di RA Raudhatul Jannah Paya
Geli Deli Serdang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka
direkomendasikan kepada guru hendaknya dapat menfasilitasi dan memotivasi anak
sesuai dengan kebutuhan perkembangan fisik motorik halusnya.
Kata Kunci: Motorik Halus, Seni Melipat Kertas Origam
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty of Humaniora > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:21 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 03:21 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/420 |