Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Permainan Kartu Huruf pada anak usia dini di RA Nurul Amin Medan Krio

AMINAH, SITI Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Permainan Kartu Huruf pada anak usia dini di RA Nurul Amin Medan Krio.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SITI AMINAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan membaca anak
usia dini sebelum menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah di RA Nurul Amin
Medan Krio. (2) Mengetahui kemampuan membaca anak usia dini dengan
menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah di RA Nurul Amin Medan Krio. (3)
Mengetahui kendala menggunakan kartu huruf hijaiyah dalam meningkatkan
kemampuan membaca anak usia dini di RA Nurul Amin Medan Krio.
Adapun jenis penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B kelas Ar-Rahman yang berjumlah 12
orang.
Hasil penelitian dan penilaian pada penelitian tindakan kelas (PTK) ini
diketahui bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui
media kartu huruf yang telah dilakukan di RA Nurul Amin Medan Krio pada
kelompok B kelas Ar-Rahman yaitu: pada pra-siklus atau sebelum dilakukan
tindakan, kemampuan membaca huruf hijaiyah anak yang dinyatakan berkembang
sangat baik (BSB) ada 2 orang anak (17%), pada siklus I kemampuan membaca huruf
hijaiyah anak yang dinyatakan belum sangat baik (BSB) ada 5orang anak (42%), dan
terus meningkat pada siklus II ada 9 orang anak (75%) yang berkembang sangat baik
(BSB).
Kata Kunci : Upaya, Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah, Permainan
Kartu Huruf

Item Type: Article
Divisions:
Faculty of Humaniora > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:57
Last Modified: 16 Jun 2022 03:57
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item
View Item