ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENJUALAN SPAREPART MOBIL MITSUBISHI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PT. NUSANTARA BERLIAN MOTORS, Tbk.

Shri, Hema Banu ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENJUALAN SPAREPART MOBIL MITSUBISHI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PT. NUSANTARA BERLIAN MOTORS, Tbk.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
HEMA BANU.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Nusantara Berlian Motor Medan. Adapun
permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisa faktor-faktor
yang mengakibatkan volume penjualan PT. Nusantara Berlian Motor Medan
menjadi turun drastis pada tahun 2019 dan tahun 2020 sehingga beberapa orang
karyawan di PHK pada tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian lapangan,
adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan
asosiatif/kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer,
dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan kuisioner dengan penarikan
sampel menggunakan teknik sampling jenuh terhadap 52 orang konsumen yang
menggunakan produk Mitsubishi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan uji f, uji
t dan uji determinasi. Hasil setelah dilakukan Analisis regresi linier pada uji f
(simultan) menunjukkan bahwa faktor harga (X1), promosi (X2), kondisi pasar
(X3) dan kondisi perusahaan (X4) secara simultan berpengaruh terhadap volume
penjualan sparepart (Y) dengan nilai Prob. f hitung 0,000 < 0,05. Dan pada uji t
(parsial) menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh signifikan secara parsial
terhadap volume penjualan adalah kondisi pasar (X3) dengan nilai Prob.t 0,000 <
0,05 dan faktor harga (X1), promosi (X2) dan kondisi perusahaan (X4)
berpengaruh tidak signifikan karena nilai Prob.t > 0,05. Serta pada uji determinasi
menunjukkan proporsi pengaruh faktor harga (X1), promosi (X2), kondisi pasar
(X3) dan kondisi perusahaan (X4) sebesar 91,7% terhadap volume penjualan (Y).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sales volume, price, promotion,market condition, company condition , COVID-19 pandemic.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions:
Depositing User: bancin bancin
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:59
Last Modified: 16 Jun 2022 03:59
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item
View Item