Kholifah, Siti Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Stik Es Krim Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Panca Budi Medan.
SITI KHOLIFAH.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi yang menunjukkan pada
kemampuan berhitung permulaan pada anak PAUD di TK Panca Budi Medan yang hanya
bertumpu pada metode ceramah. Akhirnya anak menjadi bosan dan kurang
memperhatikan guru saat pembelajaran. Untuk mensiasatinya diperlukan metode
pemainan untuk mengajak anak menjadi fokus dalam memperhatikan guru dalam
kegiatan belajar dengan menggunakan media stik es krim.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau
sering disebut dengan classroom action research.Alat pengumpulan data terdiri dari
observasi, wawamcara, dan dokumentasi. Penelitin tindakan kelas ini dilaksanakan dalam
2 siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I dan II maka penulis
simpulkan melalui permainan stik es krim terbukti efektif dalam meningkatkan
kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Panca Budi Medan. Hal
ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak. Adapun
anak didik yang Berkembang Sangat Baik (BSB) pada siklus I pertemuan pertama
mencapai 0%, pada pertemuan kedua 7%, kemudian dilanjutkan pada siklus II pertemuan
pertama 13% dan pertemuan kedua mencapai 80%.
Kata kunci : Berhitung Permulaan, Stik Es Krim dan Anak Usia 5-6 Ttahun
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty of Humaniora > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 04:29 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/482 |