Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Dini melalui Permainan Kartu Angka Bergambar di TK Nusa Indah Medan

Sania, Siti Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Dini melalui Permainan Kartu Angka Bergambar di TK Nusa Indah Medan.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SITI SANIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan
banyaknya anak yang kesulitan dalam mengenal angka khususnya pada kelompok A,
sehingga memerlukan adanya penggunaan permainan untuk meningkatkan
kemampuan anak dalam mengenal angka yaitu dengan permainan kartu angka
bergambar. Studi ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka
pada anak usia dini melalui permainan kartu angka bergambar di TK Nusa Indah
Medan, dengan menggunakan permainan kartu angka bergambar ini, kemampuan
mengenal angka pada anak usia dini di TK Nusa Indah Medan meningkat.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
melalui dua siklus, dengan setiap siklus tahapannya terdiri dari perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan kartu angka
yang dilaksanakan dua siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal
angka pada siswa TK Nusa Indah Medan. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan
kemampuan mengenal angka pada anak yang berkembang sangat baik (BSB) pada
siklus I pertemuan pertama mencapai 0%, pada pertemuan ke-2 mencapai 8%,
sedangkan pertemuan ke-3 mencapai 17%. Kemudian pada siklus II pertemuan ke-4
mencapai 33%, pada pertemuan ke-5 mencapai 50%, dan pada pertemuan ke-6
mencapai 84%.
Kata Kunci: Permainan, Kartu Angka Bergambar, Mengenal Angka, Anak
Kelompok A.

Item Type: Article
Divisions:
Faculty of Humaniora > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:33
Last Modified: 16 Jun 2022 04:33
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item
View Item