Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pemeliharaan Tanaman Pada Kelompok B di RA Az-Zahra Galang

SUKANTI, SUKANTI Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pemeliharaan Tanaman Pada Kelompok B di RA Az-Zahra Galang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SUKANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia
dini melalui kegiatan pemeliharaan tanaman pada kelompok B di RA Az-Zahra
Galang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan melaksanan dua siklus melalui empat tahapan kegiatan. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelompok B di RA Az-Zahra pada semester ganjil tahun ajaran 2020-
2021, dengan jumlah anak sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, tanya jawab dan dokumentasi. Kecerdasan naturalis anak
usia dini sebelum dilakukanya kegiatan pemeliharaan tanaman pada siswa kelompok
B di RA Az-Zahra Galang belum meningkat dengan baik pada setiap indikatornya
dan masih jauh dari target capaian nilai minimal adalah 65%. Setelah dilakukannya
kegiatan pemeliharaan tanaman dari beberapa indikator yang diamati, maka rata-rata
ketercapaian keberhasilan mencapai 53,5% pada siklus I meningkat menjadi 8,3% di
siklus II. Dari hasil tersebut, maka peningkatan hasil siklus I dan siklus II adalah
sebesar 27,8%. Dengan demikian hasil penelitain ini menunjukkan ada kaitan
kegiatan pemeliharaan tanaman dengan peningkatan kecerdasan naturalis anak. Maka
dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pemeliharaan tanaman dapat
menumbuhkan kepedulian, kecintaan, tanggung jawab memelihara, memperlakukan,
menjaga tanaman dengan baik dan mengenal tanaman sehingga dapat meningkatkan
kecerdasan naturalis anak usia dini.

Item Type: Article
Divisions:
Faculty of Humaniora > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:57
Last Modified: 16 Jun 2022 04:57
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item
View Item