Arif, Syafitri Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang.
SYAFITRI ARIF.pdf - Published Version
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap
Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Deli Serdang”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas
dan tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang serta untuk
mengetahui apakah pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan Peraturan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14
Tahun 2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian
deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa
observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi serta data yang digunkan adalah
data primer dan sekunder. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh angka
indeks sebesar 79,9425 yang berada pada interval 3,0644-3,532, sehingga kualitas
pelayanan publik berada pada tingkat “B”. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja
pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang
pada tahun 2021 secara keseluruhan termasuk dalam kategori “baik”. Pelayanan
yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli
Serdang sudah berpedoman (sesuai) dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017. Namun masih
ada yang belum dijalankan secara maksimal sehingga ada beberapa indikator yang
berada pada tingkat “C”.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Survei Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | |
Depositing User: | bancin bancin |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 07:56 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 07:56 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/569 |