Problematika Pembelajaran Alquran di Rumah Tahfiz Khaizerani Desa Klambir V Kebun Hamparan Perak

Khairiyah, Alda Problematika Pembelajaran Alquran di Rumah Tahfiz Khaizerani Desa Klambir V Kebun Hamparan Perak.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ALDA KHAIRIYAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pelaksanaan pembelajaran
Alquran di rumah tahfiz Khaizerani Desa Klambir V Kebun Hamparan Perak, 2)
problematika pembelajaran Alquran di rumah tahfiz Khaizerani Desa Klambir V
Kebun Hamparan Perak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yang didapatkan
dari guru-guru pengajar dan beberapa santri/santriwati, sedangkan data skunder
diperoleh dari profil, modul, dan catatan yang berkenaan dengan penelitian ini.
Untuk prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan prosedur observasi (pengamatan), wawancara dan studi
dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan model analisis data yang dikembangkan oleh Miles and Huberman
yaitu terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu melakukan reduksi data, penyajian
(display) data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran Alquran
di rumah tahfiz Khaizerani dilaksanakan dimulai setelah shalat Ashar hingga
menjelang Maghrib khususnya berkenaan dengan pengajaran materi-materi
keagamaan seperti Fiqh, Kisah-Kisah Nabi, setoran hafalan, Akhlak, Kaligrafi, dan
tambahan lainnya yang bersifat tentatif seperti privat mata pelajaran sekolah.
Adapun materi mengaji Iqro’ dan Alquran secara khusus dilaksanakan setelah
shalat Maghrib sampai menjelang Isya. Kegiatan mengaji dimulai dengan membaca
do’a terlebih dahulu secara bersama-sama, kemudian pembagian kelompok untuk
maju satu per satu membaca Iqro’ ataupun Alquran berhadapan langsung kepada
Abi dan Umi pengajar, setelah itu ditutup dengan pengarahan dan evaluasi. Adapun
Problematika pembelajaran Alquran di Rumah Tahfiz Khaizerani mencakup hal-
hal yang berkenaan dengan problem pengajar/guru dalam mengajar Alquran,
problem anak-anak santri dalam pembelajaran Alquran, problem kurikulum, dan
evaluasi hasil pembelajaran Alquran di rumah tahfiz Khaizerani.
Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran, Alquran, Rumah, Tahfiz

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:16
Last Modified: 16 Jun 2022 08:16
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item
View Item