APLIKASI SISTEM PAKAR DETEKSI GANGGUAN INTERNET INDIEHOME DENGAN METODE CASE BASED REASONING (CBR)

Dwi, T.A APLIKASI SISTEM PAKAR DETEKSI GANGGUAN INTERNET INDIEHOME DENGAN METODE CASE BASED REASONING (CBR).

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
DWI TIRTA ADHIYASA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu cepat mengingat kebutuhan yang besar dari segi permintaan pelanggan, perusahaan sampai dengan pemerintahan akan sebuah jaringan internet. Kondisi tersebut merupakan peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh sebuah Internet Service Provider (ISP) untuk mempromosikan produk yang dimiliknya. Mengingat pelanggan internet yang tiap tahun terus meningkat, tidak menutup kemungkinan adanya dampak di balik itu semua, salah satunya yaitu gangguan terhadap layanan Internet Indihome. Jumlah gangguan yang ada terkadang harus melibatkan teknisi yang berbeda divisi untuk menangani gangguan tersebut yang mengakibatkan pekerjaannya sendiri tertunda. Hal inilah yang mendorong dibangunnya sistem pakar yang bertujuan untuk membantu pengguna ketika terjadi sebuah gangguan pada layanan Internet Indihome. Internet Indihome merupakan salah satu layanan triple play dari produk Telkom berupa paket layanan telekomunikasi data yaitu telepon rumah (voice), internet (internet on fiber), dan layanan tv (useetv cable). Semua ini merupakan langkah berikutnya dalam pengembangan teknologi dari tembaga ke fiber optic. Konsep dari metode case based reasoning ditemukan dari ide untuk menggunakan pengalaman– pengalaman yang terdokumentasi untuk menyelesaikan masalah yang baru.

Item Type: Article
Divisions: Faculty of Science and Technology > Teknik Komputer
Depositing User: putra
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:24
Last Modified: 14 Jun 2022 07:24
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item
View Item