Ardian, Ardian odel Pembelajaran tahfidz Qur’an Di Rumah Tahfidz As-Sakinah Citra Garden Padang Bulan Kec. Medan Baru.
ARDIAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab sempurna yang menjadi pedoman bagi umat
manusia, sehingga menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, dengan salah
satu cara yaitu menghafalnya. Menghafal ayat Al-Qur’an yang jumlahnya begitu
banyak menurut akal sangat sulit menjalaninya. Apalagi bagi seorang santri yang tidak
sungguh-sungguh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran serta faktor
pendukung dan penghambat dalam proses menghafal Al-Qur’an ditinjau dari sudut
pandang ustadz dan santri di rumah tahfidz As-sakinah Citra Garden Padang Bulan
kec. Medan Baru. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan Teknik
pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Metode penelitian menggunakan dengan Teknik analisis data dan penarikan
kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) model
pembelajaran tahfidz Qur’an yang diterapkan di rumah tahfidz As-Sakinah Medan
adalah ada enam tahap yang digunakan yaitu : tahap pertama, menghafal dan
menyetorkan hafalan 1 lembar ayat Al-Qur’an. tahap kedua, menghafal dan
menyetorkan hafalan 1 lembar ayat Al-Qur’an yang lembaran keduanya. tahap ketiga,
menyetorkan hafalan lembaran pertama dan lembaran kedua yang tadi di hafal, jadi
dalam 1 hari santri harus hafal 2 lembar ayat Al-Qur’an. tahap keempat, mengulang
hafalan yang lama dan di setorkan kepada guru tahfidznya. tahap kelima,
berkelompok-kelompok membaca hafalan Al-Qur’an nya. tahap keenam,
mempersiapkan hafalan baru untuk besok. (2) faktor pendukung meliputi : fasilitas
yang lengkap dan setiap ruangan memiliki Ac sehingga santri nyaman untuk
menghafal, Ustadz selalu memberi motivasi kepada santri agar mereka semangat
dalam menghafal, kesungguhan santri dalam menghafal, Kecerdasan santri. Sedangkan
faktor penghambat meliputi : Adanya rasa bosan karena rutinitas yang terus menerus
tanpa henti, Kesungguhan kurang, Keinginan untuk menambah hafalan tanpa
memperhatikan hafalan-hafalan sebelumnya, Suka bermain karena santri As-sakinah
sebagian masi ada anak-anak.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 08:33 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 08:33 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/615 |