Agustia, Ayu Implementasi Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Bagi Anak berkebutuhan Khusus Di SLB IT Sahabat Al-Qur’an Binjai.
AYU AGUSTIA.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Bagaimana Implementasi
Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB
IT Sahabat Al-Qur’an Binjai, 2) Problematika dan solusi dalam pembelajaran
tahfizh Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus di SLB IT Sahabat Al-Qur’an
Binjai.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber
data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari guru
kelas, peserta didik dan kepala sekolah. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan
dari observasi, interview dan buku-buku yang terkait dengan judul penelitian. Dalam
pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data menggunakan teori Miles dan
Huberman yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian/display data, dan
kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode
pembelajaran tahfizh Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus di SLB IT Sahabat
Al-Qur’an menggunakan tiga metode yaitu metode talaqqi, audio murrotal dan
brille. 2) Problematika dan solusi dalam penerapan metode pembelajaran tahfizh
Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus seperti Peserta didik masi asik pada
dunianya sendiri Solusinya: Guru harus lebih aktif dalam proses pembelajaran
lamanya daya tangkap saat menghafal. Solusinya: Guru harus kaya akan metode atau
cara dalam mendidik, cuaca yang buruk. Solusinya: Guru dapat mencairkan suasana
belajar, lupa. Solusinya: guru bisa mengoptimalkan dengan muroja’ah menggunakan
audio murottal.
Kata Kunci: Implementasi Metode, Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an, Anak
Berkebutuhan Khusus, Problematika
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 08:47 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 08:47 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/623 |