STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS VI SD NEGERI 106153 KLAMBIR LIMA KEBUN

Lubis, Cindy Alif Adh STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS VI SD NEGERI 106153 KLAMBIR LIMA KEBUN.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
CINDY ALIF ADHA LUBIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Strategi Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VI Di SD Negeri 106153 Klambir V Kebun;
(2) Untuk mengetahui Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Kelas VI Di SD Negeri
106153 Klambir Lima Kebun; (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan
penghambat pelaksanaan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam
Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Kelas VI SD Negeri 106153 Klambir Lima
Kebun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan
sumber data: 1) Data primer, dari kepala sekolah dan guru pendidikan agama islam,
2) data sekunder, dari bahan kepustakaan, penelitian relevan, dan dokumentasi
terkait. Prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara, catatan lapangan
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dilihat dari beberapa aspek: (1)
Penggunaan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VI SD
Negeri 106153 Klambir Lima Kebun memang benar ada. Strategi itu menyangkut hal
nya dengan karakter dan budi pekerti maka dari itu peneliti mengetahui bahwa kita
tahu dari akhlak siswa kita bisa membuat strategi yang seperti apa. (2) Menanamkan
Karakter Disiplin Siswa Kelas VI di SD Negeri 106153 Klambir Lima Kebun
dilaksanakan melalui tata tertib dan kegiatan sehari-hari dengan metode pembiasaan
yang baik. Penerapan pendidikan karakter disiplin berawal dari tata tertib sekolah. (3)
Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Kelas VI Di SD Negeri 106153
Klambir Lima Kebun faktor pendukung di antaranya adalah guru, sarana prasarana,
orangtua dan teman sebaya dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat pengaruh
yang negatif seperti jika anak bergaul dalam lingkungan yang berakhlak buruk,
maka akan menjadikan anak yang tidak disiplin, susah diatur dan tidak bertanggung
jawab.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Menanamkan
Karakter Disiplin

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:57
Last Modified: 16 Jun 2022 08:57
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item
View Item