Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu) Kelas V SD Di SDLB Lubuk Pakam

Syahputra, Dedek Arif Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu) Kelas V SD Di SDLB Lubuk Pakam.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
DEDEK ARIF SYAHPUTRA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
(tuna rungu) Kelas V SD Di SDLB Lubuk Pakam. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan
khusus (tuna rungu) di SDLB Lubuk Pakam. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam
pada anak berkebutuhan khusus (tuna rungu) di SDLB Lubuk Pakam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif lapangan. Hasil
penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kejadian pada kegiatan pembelajaran
PAI di SDLB Lubuk Pakam, pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara
terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dimulai
dengan menganalisis data, setelah itu menganalisis data selama berada di lapangan dengan
tahapan: (1) mereduksi data (2) menyajikan data (3) memverifikasi data/ menarik
kesimpulan.
Dapat disimpulkan hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran
dengan mengunakan metode ceramah, tanya jawab sambil menunjukkan media visual, atau
juga dikenal dengan metode demonstrasi. Materi yang diajarkan mengacu pada materi yang
ada pada sekolah umum, dengan mengurangi bahkan menghilangkan materi yang dianggap
guru PAI tunarungu tersebut terlalu sulit (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan
pembelajaran yaitu peran guru, materi dan metode yang disampaikan harus sesuai
kemampuan siswa dan yang terakhir lingkungan yang mendukung dan dukungan dari orang
tua adapun faktor peghambat dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu kondisi fisik siswa
dan siswi tunarungu yang tidak dapat mendengar dengan sempurna, daya pendengaran dan
penglihatan yang rendah dan kuranya kedisiplinan siswa dalam masuk ke sekolah.
Kata kunci: Pelaksanan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan
Khusus (Tuna Rungu)

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:03
Last Modified: 16 Jun 2022 09:03
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item
View Item