Peran Orang Tua Saat Masa Pandemi Covid-19 Dalam Membentuk Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SD IT Al-Washliyah Klambir Lima Kebun

Agustin, Dewi Peran Orang Tua Saat Masa Pandemi Covid-19 Dalam Membentuk Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SD IT Al-Washliyah Klambir Lima Kebun.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
DEWI AGUSTIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai peran orang tua pada masa
adaptasi pasca pandemi covid-19 dalam membentuk motivasi belajar siswa kelas 4 di
di SD IT Al Washliyah Klambir Lima Kebun. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana orang tua berperan dalam membentuk motivasi belajar
anak pada masa pandemi dan pada masa pasca pandemi covid-19. Metode yang
digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode
kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang tua siswa dan 3 siswa yang
berprestasi di kelas 4. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara,
observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membentuk
motivasi belajar siswa kelas 4 yaitu perhatian orang tua yanglebih intens terhadap
anak, menyediakan fasilitas yang mendorong belajar anak sehingga lebih termotivasi
lagi untuk belajar. Dalam membentuk motivasi belajar siswa kelas 4 di SD IT Al
Washliyah Klambir Lima Kebun terdapat faktor pendukung yaitu memberikan hadiah
pada anak dan perhatian orang tua. Serta faktor penghambat yaitu kondisi anak,
orang tua mengalami kesulitan dalam memahami materi dan keadaan sekitar. Dalam
hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak-anak dapat mencapai hasil
belajar yang diinginkan.
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:11
Last Modified: 16 Jun 2022 09:11
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item
View Item