Nuriati, Dewi Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 3B Di SDN 106153 Klambir Lima Kebun, Kec.Hamparan Perak, Kab.Deli Serdang.
DEWI NURIATI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunkan strategi
pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunkan setting penelitian tindakan kelas
yang dilakukan pada kelas 3B SDN 106153 Klambir Lima Kebun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data yang diambil dari
observasi secara langsung dan wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang
digunakan yaitu dengan metode deskriptif analitik, dan model analisis yang digunakan
yaitu model interaktif , yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Penelitian tindakan kelas ini melalui dua siklus dengan masing-masing setiap
siklus dilakukan dua pertemuan. Setelah melakukan analisis pada data setiap siklus
Hasil dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan menyatakan bahwa strategi
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3B pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat meningkatkan hasil belajar.
Dengan perincian pada setiap siklusnya yaitu pada pra penelitian hanya 39,167%. Hasil
tersebut naik pada siklus I yaitu 46,6% pada pertemuan pertama 56,11% pada
pertemuan kedua. Mengalami kenaikan kembali pada siklus II yaitu 71,6% pada
pertemuan pertama dan 84,72% pada pertemuan kedua.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Strategi Pembelajaran Kontekstual,
Hasil Belaja
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 09:16 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 09:16 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/648 |