Suningsih, Eka Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kesadaran Cinta Lingkungan di Kelas VII SMP Panca Budi Medan.
EKA SUNINGSIH.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai-nilai
pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran cinta lingkungan di kelas VII
SMP panca budi medan kesadaran lingkungan melalui mata pelajaran pendidikan
agama Islam pada peserta didik di SMP Panca Budi Medan pokok masalah tersebut
selanjutnya dirincikan ke dalam beberapa sub masalah atau pertanyaan penelitian.
Jenis penelitian ini tergolong deskriptif kualitatif, pendekatan penelitian yang
digunakan adalah pedagogik dan psikologi, dengan mengambil latar SMP Panca Budi
Medan Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta
didik kelas VII. Selanjutnya metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan
dengan tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, optimalisasi nilai kesadaran
lingkungan peserta didik dilakukan dengan 1) Melalui keteladanan pendidik, 2)
Melalui pembiasaan keagamaan dan praktek sadar lingkungan. Faktor yang turut
mendukung adalah adanya peran serta warga sekolah dalam menjaga dan memelihara
lingkungan sekolah, Adanya Visi misi sekolah yang berwawasan lingkungan, sarana
dan prasarana sekolah, serta program-program sekolah yang terkait dengan lingkungan.
Faktor penghambat, yaitu: Terbatasnya waktu yang ada dalam pembelajaran
pendidikan Agama Islam, Kurang adanya keseimbangan pembinaan peserta didik
antara pihak sekolah, keluarga dan masyarakat agar sadar dengan lingkungan.
Kata Kunci: Penanaman Nilai, Pendidikan Agama Islam, Cinta Lingkungan
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 09:23 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 09:23 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/655 |