Sari, Fitri Eka Implementasi Pendidikan Karakter Religius Islam Siswa Kelas 4 SD Plus Anbata Kecamatan Medan Sunggal.
FITRI EKA SARI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi pendidikan
karakter religius Islam siswa kelas 4 SD Plus Anbata. 2) faktor penghambat dan
pendukung Implementasi Pendidikan Karakter Religius Islam siswa kelas 4 SD
Plus Anbata. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian
kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini sumber data adalah data
primer yang diperoleh melalui wawancara peneliti dengan kepala sekolah, guru
pendidikan agama islam dan siswa kelas 4 SD Plus Anbata. Data sekunder berupa
dokumen dari administrasi sekolah.
Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam
menganalisis, peneliti menggunakan Model atau teori analisis data yang
dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) karakter religius yang di
implementasikan kepada siswa di SD Plus Anbata sebagai berikut : a) Tata tertib.
b) Pembiasaan rutin seperti : budaya 4 S = salam, sapa, senyum, santun, berdoa,
membaca ayat suci Al- Qur‟an, mengaji Taisir, Tahfidz, Tahsin, Tasmi‟ dan
Asmaul Husna. c) Melaksanakan sholat Dhuha. d) Melaksanakan sholat dhuhur
berjamaah. e) Memiliki rasa tawadhu‟ dan sopan santun kepada guru. f) Bersikap
baik dan tolong menolong sesama teman. 2) Faktor yang mempengaruhi
Implementasi Pendidikan Karakter Religius Islam siswa kelas 4 SD Plus Anbata
adalah a) Faktor Penghambat, yaitu: sarana prasarana, faktor internal siswa dan
faktor eksternal siswa. b) Faktor pendukung, yaitu: sarana prasarana, tata tertib,
kerjasama pihak sekolah dan orangtua.
Kata kunci : Implementasi Pendidikan, Karakter Religius Islam
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 09:31 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 09:31 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/666 |