Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural di SD Negeri 091473 Plus Tiga Balata Kecamatan Jorlanghataran Kabupaten Simalungun

Zahro, Habibah Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural di SD Negeri 091473 Plus Tiga Balata Kecamatan Jorlanghataran Kabupaten Simalungun.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
HABIBAH ZAHRO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Multikultural sangat penting penerapannya di lembaga-lembaga
pendidikan Indonesia. Mengingat Negara kita adalah sebuah Negara yang kaya akan
berbagai keragaman dan keunikan seperti, budaya, suku, ras, agama, tingkat sosial dan
sebagainya. Keragaman ini merupakan sebuah anugerah dari tuhan, namun di sisi lain
keragaman yang ada dapat menimbulkan konflik yang terjadi antar kelompok maupun
individu.
Adapun penelitian ini membahas tentang: pertama, bagaimana strategi
penerapan pendidikan multikultural di SD Negeri 091473 Plus Tiga Balata Kecamatan
Jorlanghataran. Kedua, apa saja faktor pendukung penerapan pendidikan multikultural
di SD Negeri 091473 Plus Tiga Balata Kecamatan Jorlanghataran. Ketiga, apa saja
faktor penghambat penerapan pendidikan multikultural di SD Negeri 091473 Plus Tiga
Balata Kecamatan Jorlanghataran.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis
deskriptif. Adapun sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, Wali Kelas dan
Siswa SD Negeri 091473 Plus Tiga Balata Kecamatan Jorlanghataran. Prosedur
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : 1) Stategi penerapan pendidikan multikultural di SD
Negeri 091473 Plus Tiga Balata adalah diintegrasikan pendidikan multikultural dalam
mata pelajaran, mencontohkan nilai dan sikap multikultural, menggunakan metode
belajar yang bervariasi, membuat kegiatan-kegiatan yang mendukung penerapan
pendidikan multikultural, dan membangun budaya sekolah yang mendorong penerapan
pendidikan multikultural serta membangun jiwa sosial siswa. 2) Faktor pendukungnya
adalah multikulturalisme guru, sarana prasarana, kerja sama dan budaya sekolah. 3)
Faktor penghambatnya adalah keadaan tingkat ekonomi keluarga siswa yang beragam.
Kata Kunci : Multikultural, Pendidikan, Strategi

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:35
Last Modified: 16 Jun 2022 09:35
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item
View Item