Fahlani, Ifthia Problematika Pembelajaran Tahfiz Quran pada Siswa Kelas 1 MTs di Pesantren Darul Mahmuda.
IFTHIA FAHLANI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana problematika
pembelajaran tahfidzul quran serta upaya dalam penyelesaian problematika tersebut
di Pesantren Darul Mahmuda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan
mengambil latar Pesantren Darul Mahmuda. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan problematika pembelajaran tahfidzul quran
pada siswa kelas 1 MTs di Pesantren Darul Mahmuda terdiri dari: 1) Problematika
guru dalam mengajar; 2) Problematika siswa dalam belajar; 3) Problematika
pengelolaan kelas; 4) Problematika sarana dan prasarana. 5) Problematika orang tua
dalam membimbing anaknya ketika berada di rumah.
Adapun upaya mengatasi problematika pembelajaran tahfidzul quran pada
siswa kelas 1 MTs di Pesantren Darul Mahmuda yaitu: 1) Guru harus menjadi lebih
tegas terhadap siswanya; 2) Siswa harus memiliki niat yang kuat dan motivasi dalam
menghafal Alquran; 3) Guru harus bisa menciptakan dan mempertahankan ketertiban
suasana kelas; 4) pihak sekolah harus pandai-pandai dalam mengolah dana; 5) Orang
tua harus membantu anak-anak dalam menjaga hafalan mereka ketika berada di
rumah.
Kata Kunci: Problematika Pembelajaran, Tahfidz Alquran
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 01:34 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 01:34 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/686 |