Sembiring, Indah Permata Sari Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Alquran Anak Di Rumah Tahfiz Khaizerani Desa Klambir Lima Kebun Hamparan Perak.
INDAH PERMATA SARI BR SEMBIRING.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran orang tua dalam meningkatkan
motivasi menghafal Alquran anak di Rumah Tahfiz Khaizerani Desa Klambir Lima Kebun
Hamparan Perak. (2) Kendala orang tua dalam memotivasi anak menghafal Alquran di Rumah
Tahfiz Khaizerani Desa Klambir Lima Kebun Hamparan Perak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti
menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer merupakan sumber utama yang
diperoleh dari orang tua anak tahfiz, Mahasiswa KKL yang mengajar di rumah tahfiz dan anak
tahfiz Khaizerani sedangkan sumber sekunder ialah data-data anak tahfiz. Prosedur pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan melakukan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah dengan melakukan Reduksi data,
Penyajian, dan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan motivasi
menghafal Alquran anak di rumah tahfiz Khaizerani Desa Klambir Lima Kebun dilakukan dalam
bentuk (1) memberikan pujian, (2) memberikan dukungan, (3) memberikan sangsi dan hadiah,
(4) mengaji bersama dengan keluarga (5) memilih pergaulan yang baik untuk anak agar tidak
terjerumus kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun kendala orang tua dalam memotivasi
anak menghafal Alquran yaitu ketidak mampuan orang tua memberikan contoh dalam
menghafal Alquran dan kurangnya pendampingan orang tua terhadap anak dalam proses
mengafal Alquran.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Meningkatkan Motivasi Menghafal Alquran
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 01:41 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 01:41 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/690 |