Andriyani, Lisa Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak pada Kelas IX Mts swasta Cendekia Medan.
LISA ANDRIYANI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran Aktif active learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX Mts swasta Cendekia Medan. Skripsi
pendidikan JurusanAgama Islam Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Aktif
active learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak siswa Kelas IX di Mts swasta Cendekia Medan. Populasi penelitian
adalah siswa kelas IX-A yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif dan pengempulan data mengunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data prestasi belajar menggunakan
perbandingan antara nilai semester I dan nilai semester II.
Setelah peneliti melakukan penelitian ini maka hasil yang diperoleh
menunjukkan bahwa pembelajran Aktif (active learing) dapat dilakukan dengan
efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak seperti lebih cepatnya siswa memahami materi pada
setiap bab, sikap siswa terlihat antusias dan senang, serta saling bekerja sama dalam
menyelesaikan materi yang diberikan oleh guru Akidah Akhlak.
Kata kunci: active learning, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 02:03 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 02:03 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/709 |