Roihan, Muhammad Upaya Penerapan Metode Tahsin At-Tilawah Untuk Meningkatkan Pembelajaran Tahfidz Alquran Di Kelas VI SD IT DOD MEDAN.
MUHAMMAD ROIHAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penilitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana (1) penerapan metode tahsin
tilawah di kelas VI SD IT DOD Medan (2) apa saja kendala dalam penerapan metode tahsin
tilawah di kelas VI SD IT DOD Medan (3) apa saja peningkatan dalam pembelajaran tahfidz
Alquran setelah penerapan metode tahsin tilawah. Metode penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan tentang “UPAYA PENERAPAN
METODE TAHSIN AT TILAWAH UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN
TAHFIDZ ALQURAN DI KELAS VI SD IT DOD MEDAN” dalam hal ini yang menjadi subjek
penelitiannya adalah kepala sekolah, guru pengampu, dan siswa kelas VI SD IT DOD Medan.
Berdasarkan hasil analisi bahwa (1) guru menerapkan metode tahsin tilawah dengan cara
memberikan 8 materi yaitu, makhroj huruf, sifatul huruf, hukum mad, hukum nun sukun dan
tanwin, hukum mim sukun, hukum ro, waqaf ibtida’, dan ayatun ghoribah. (2) dalam penerapan
metode guru mendapati beberapa kendala diantaranya, siswa tidak fokus, siswa kurang paham,
siswa keluar masuk, siswa tidak hadir. (3) peningkatan dalam pembelajaran tahfidz Alquran
setelah diterapkan metode tahsin tilawah adalah bacaan siswa semakin membaik dan hafalan
siswa mengalami peningkatan.
Kata kunci : Penerapan Tahsin Tilawah, Meningkatkan PembelajaranTahfidz Alquran
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 02:38 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 02:38 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/741 |