Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Panca Budi Medan

Nurliana, Nurliana Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Panca Budi Medan.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
NURLIANA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) inovasi pembelajaran
pendidikan agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SMP Panca Budi Medan
2) kendala pelaksanaan inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa
pandemi Covid-19 di SMP Panca Budi Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian
ini terdiri dari data primer yang didapatkan dari kepala sekolah, kepala bidang
kurikulum, guru-guru PAI, dan beberapa siswa, sedangkan data skunder diperoleh
dari profil, file, dan dokumen yang berkenaan dengan penelitian ini.
Prosedur pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini
menggunakan prosedur observasi atau pengamatan, wawancara, dan studi
dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles
dan Huberman yang dalam penerapannya melalui tiga tahapan kegiatan yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi pembelajaran PAI yang
dilakukan di SMP Panca Budi Medan pada masa pandemi Covid-19, yaitu melalui
3 pola, yaitu: 1) pola pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan menggunakan
platform zoom meeting, google meet, dan e-learning, adapun media bahan ajar
dikembangkan melalui eksplorasi google dan youtube 2) pola pembelajaran home
visit, yaitu kunjungan guru ke rumah siswa dalam lingkup interaksi edukatif 3) pola
pembelajaran luar jaringan (luring) dalam bentuk pemberian tugas. Adapun kendala
pelaksanaan inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi
Covid-19 di SMP Panca Budi yaitu 1) masih kurangnya penguasaan teknologi dari
sebagain guru dan siswa, 2) menurunnya kualitas belajar siswa disebabkan faktor
psikologis dan teknis, 3) kurang maksimalnya pendampingan orang tua dalam
pembelajaran daring di rumah.
Kata Kunci: Inovasi, Pembelajaran, Daring, Pandemi, Covid-19

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:44
Last Modified: 17 Jun 2022 03:44
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item
View Item