Kurniawan, Pandi Aspek Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Perjalanan Hidup Sultan Muhammad Al-Fatih.
PANDI KURNIAWAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahasa aspek nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perjalanan hidup
Sultan Muhammad Al-Fatih. Pembahasanya dilatarbelakangi oleh maraknya segala bentuk
pergeseran moral/akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan nilai-
nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada perjalanan hidup Sultan Muhammad Al-Fatih. (2)
Untuk mendiskripsikan bagaimanakah nilai-nilai pendidikan akhlak pada sejarah hidup Sultan
Muhammad Al-Fatih jika diterapkan pada pendidikan Islam saat ini
Jenis penelitian ini ialah jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data
dalam penelitian meliputi sumber data primer yakni buku Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi yang
berjudul Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk. Sedangkan sumber data sekunder berupa data
dari berbagai literatur yang berhubungan dan relevan dengan objek penelitian, baik berupa buku,
artikel, website, blog di internet dan jurnal. Untuk pengumpulan data menggunakan metode
analisis isi (content analysis).
Temuan Penelitian ini bahwa pada perjalanan hidup Sultan Muhammad Al-Fatih
memilki 21 nilai-nilai pendidikan akhlak diantaranya: al-iffah, al-muhafiz, asy-syaja’ah,
zikrullah, litsaarus salaam, zakkiun, tawakal, al-muru’ah, syukur, mutahawir, al-adl, alim,
tauhid, ikhlas, al-amanah, al-mabda, mahabbah, ash-shidiqu, tawadhu’, takwa, dan akhlak
terhadap lingkungan.
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Muhammad Al-Fatih, Pendidikan Islam saat ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 03:50 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 03:50 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/793 |