Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Di MTS PAB 1 Medan

Hasibuan, Rukiah Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Di MTS PAB 1 Medan.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
RUKIAH HASIBUAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: Peran kepala madrasah sebagai
supervisor dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di MTS PAB 1
Medan. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif. Dalam penelitian
menggunakan 2 data yaitu sumber data primer dan sekunder, data primer yaitu
informasi yang di dapat dari kepala madrasah MTS PAB 1 Medan, guru
pendidikan agama Islam di MTS PAB 1 Medan, dan siswa/siswi MTS PAB 1
Medan, sedangkan sumber data sekunder dapat diperoleh dari informasi media
yang tidak secara langsung didapat. Proses pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Hasil analisis penelitian yang dilakukan oleh peneliti telah
memperlihatkan bahwa peran kepala madrasah sebagai supervisor sangat lah
penting dalam proses belajar mengajar disekolah, supervisi kepala madrasah
harus mengatasi semua masalah khususnya guru mengalami kesulitan dalam
metode pembelajaran pembuatan silabus dan RPP, guru PAI menerapkan standar
kompetensi (kriteria kemampuan lulusan pengetahuan dan keterampilan) yang
harus dikuasai siswa dalam meningkatkan pendidikan agama Islam.
Adapun faktor pendukung dan penghambat peran kepala madrasah
sebagai supervisor dalam meningkat kan kualitas pendidikan agama Islam adalah
sebagai berikut: (1) faktor pendukung yaitu: a) adanya kerja sama antara kepala
sekolah, staf sekolah dan guru, b) adanya Musollah yang dapat membantu dalam
proses meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam, c) adanya kedisiplinan
maupun keteladanan guru dan semangat guru dalam proses belajar mengajar
dikelas, (2) faktor penghambat yaitu a) kurangnya sarana prasarana sekolah, b)
ada sebagian guru ataupun siswa kurang disiplin waktu, c) buku di Perputakaan
kurang lengkap, d) alat media pembelajaran kurang lengkap.
Kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Supervisor, Meningkatkan Kualitas
Pendidikan Agama Islam

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:09
Last Modified: 17 Jun 2022 04:09
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item
View Item