Fatimah, Siti PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI SMP SWASTA NAHDLATUL ULAMA MEDAN.
SITI FATIMAH.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah guru khususnya guru pendidikan agama
Islam yang memiliki peran untuk meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Swasta
Nahdlatul Ulama Medan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1)
Bagaimana peran Guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Swasta
Nahdlatul Ulama Medan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan
prilaku islami di SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan.
Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan
kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara,
dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan
teknik Miles dan Huberman melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sebagai pendidik dalam
meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan yaitu dengan
selalu membimbing dan membina siswa untuk berperilaku Islami sehari-hari melalui
pembiasaan budaya 5 S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun). Peran guru sebagai teladan
adalah dengan memberikan contoh akhlak baik kepada siswa upaya mudah diikuti siswa
seperti masuk kelas tepat waktu, berdoa sebelum dan sesudah belajar. Peran guru sebagai
evaluator adalah dengan membuat ujian tulisan dan praktik sholat, hafalan ayat2 pendek
untuk mengetahui apakah perilaku islami sudah dipahami dan dilaksanakan oleh siswa dalam
hal ibadah. Membentuk psikotes Gerakan qurani untuk mengetahui seberapa antusiasnya para
siswa dalam melaksanakan kegiatan dalam kajian islami dengan melakukan tanya jawab
sehingga menambah pengetahuan dan wawasan seputaran Pendidikan agama islam. Peran
guru sebagai motivator adalah dengan memberikan hadiah, supaya menambah semangat serta
saling berlomba-lomba hadiah yang diberikan berupa buku tulis, pena, peci, dll. Memberikan
pujian kepada siswa yang berani tampil dalam pembelajaran seperti praktik sholat, hafalan
ayat-ayat pendek, dll. Pemberian hukuman yaitu berupa berdiri didepan kelas dan boleh
duduk sampai memahami ilmu pelajaran.
Kata kunci: Peran, Guru PAI, Perilaku Islami
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 04:34 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 04:34 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/845 |