Lestari, Sri Mulia Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Pada Siswa di MAS Proyek UNIVA Medan.
SRI MULIA LESTARI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan
nilai-nilai akhlak di MAS Proyek UNIVA Medan. Penelitian ini menggunakan
kualitatif deskriptif dengan menggunakan dua sumber data, yakni data primer yang
diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru yang mengampu mata pelajaran PAI dan Tenaga
Usaha (TU), dan data sekunder yang diperoleh dari lembaran dokumentasi. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kegiatan obeservasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknis analisis data adalah dengan melakukan reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan.
Hasil Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Ada tiga hal yang
telah dilakukan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak akhlak peserta didik,
membina dan membangkitkan keyakinan beragama dengan cara memberikan
pemahman tentang akhlak kepada Allah swt. dan pemahaman untuk meneladani
akhlak Nabi Muhammad saw. Guru PAI juga berupaya menanamkan etika pergaulan
yang meliputi akhlak dalam lingkungan keluarga, akhlak dalam lingkungan
masyarakat dan akhlak dalam lingkungan sekolah. Upaya selanjutnya adalah
menanamkan kebiasaan yang baik terutama dalam membiasakan untuk disiplin,
bertanggungjawab, melakukan hubungan sosial dan ibadah ritual. Dan adapun faktor
penghambat peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Akhlak ada dua yakni
faktor internal berupa pembinaan akhlak pada peserta didik hanya dilakukan sebatas
di sekolah saja dan belum adanya tindak lanjutnya. Adapun faktor eksternal meliputi
lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, arus globalisasi modern, dan
penyebaran pandemi virus Covid 19 yang sangat mempengaruhi pembinaan akhlak di
sekolah.
Kata Kunci : Peran, Guru PAI, Nilai-Nilai Akhlak
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 04:44 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 04:44 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/853 |