Efektivitas Pembelajaran Daring dan luring Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VIII U2 SMP Swasta Gusti Wijaya Sunggal

WINA, SRI RINDU Efektivitas Pembelajaran Daring dan luring Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VIII U2 SMP Swasta Gusti Wijaya Sunggal.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SRI RINDU WINA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran
daring dan luring pada pembelajaran pendidikan agama Islam masa pandemi Covid-
19 di kelas VIII U2 SMP Swasta Gusti Wijaya Sunggal, serta untuk mengetahui
bagaimana proses langkah-langkah pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui
bentuk upaya efektif guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran daring dan
luring untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik, terakhir untuk mengetahui
faktor pendukung dan faktor penghambat pendidik pendidikan agama Islam dalam
metode daring dan luring dalam pembelajaran masa pandemi covid-19 tersebut.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif artinya peneliti
mendeskripsikan kenyataan secara nyata dan apa adanya secara benar. Untuk
membahas masalah pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data
sekunder, adapun instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai kunci
instrumen dengan menggunakan checklist, buku, pulpen, pedoman wawancara dan
kamera dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara berkesinambungan
dengan cara mereduksi data, display data, verifikasi data, dan pengujian keabasahan
data (triangulasi).
Hasil penelitian efektivitas pembelajaran daring dan luring pada pembelajaran
pendidikan agama Islam masa pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa proses
pelaksanaan pembelajaran daring dan luring pihak Sekolah SMP Swasta Gusti
Wijaya Sunggal pada pembelajaran pendidikan agama Islam sudah berjalan dengan
baik seperti pembelajaran ketika disekolah. Dengan siswa ikut berparsitipasi dan
aktif dalam pembelajaran proses belajar mengajar tetap berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Daring dan luring, Pendidikan Agama Islam, Pandemi Covid-19

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Manajemen
Depositing User: siswa pratama
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:51
Last Modified: 17 Jun 2022 04:51
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item
View Item