Sugianto, Sugianto Implementasi Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada masa pandemic Covid-19 di SMK Tarbiyah Islamiyah Hinai Kiri Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat.
SUGIANTO.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara teoritis
tentang Implementasi strategi pembelajaran Guru pendidikan agama Islam Pada
Masa Pandemi Covid-19 di SMK Tarbiyah Islamiyah Hinai Kiri Kecamatan
Secanggang Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi.Hasil penelitian ditemukan bahwa Implementasi strategi pembelajaran
Guru PAI Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Tarbiyah Islamiyah Hinai Kiri
yaitu (1) Strategi Kooperatif, Exposition dan Discovery. Namun, Pada proses
pelaksanaan pembelajaran Zoom Meeting berlangsung, guru pendidikan Agama
Islammenghimbau sekaligus menegaskan kepada siswa yang mengikuti
pembelajaran online tersebut wajib mengeluarkan asumsinya berupa pertanyaan,
jawaban atau menambahkan suatu materidengan tujuan siswa dituntut untuk lebih
aktif bertindak sebagai narasumber. selanjutnya kendala-kendala yang dihadapi yaitu
(2) Kondisi jaringan internet yang tidak stabil di daerah tempat tinggal siswa/i dan
siswa-siswitidak memiliki media pembelajaran berupa handphone android dan paket
data internet dikarenakan keterbatasan perekonomian, hal ini menyebabkan sebagian
dari siswa akan sulit untuk mengikuti pembelajaran online. Berdasarkan hasil
penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi siswa,
guru pendidikan agama Islam, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Masa
Pandemi Covid-19
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty Social Sciences > Manajemen |
Depositing User: | siswa pratama |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 04:55 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 04:55 |
URI: | http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/865 |