Analisa Tata Niaga Telur Konsumsi Pada Perusahaan PT. Indojaya Agrinusa

Siahaan, Firdaus C. Analisa Tata Niaga Telur Konsumsi Pada Perusahaan PT. Indojaya Agrinusa.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
FIRDAUS CANDRA SIAHAAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran, margin dan efesiensi pemasaran telur konsumsi pada perusahaan PT. Indojaya Agrinusa. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berdasarkan survei dan pengamatan yang dilakukan, serta dengan menghitung share margin untuk setiap saluran pemasaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa model saluran pemasaran yang terbentuk dari proses pemasaran telur ayam konsumsi di pada perusahaan PT. Indojaya Agrinusa terdiri dari 4 saluran pemasaran, saluran pemasaran I adalah Peternak → Konsumen Akhir, dengan nilai margin antara Rp 600, dan nilai share margin antara 40%. Saluran pemasaran II adalah Peternak → Agen Pengumpul → Konsumen Akhir, dengan nilai margin antara Rp 600, dan nilai share margin antara 40%. Saluran pemasaran III adalah Peternak → Agen Pengumpul → Pedagang Kecil → Konsumen Akhir, dengan nilai margin antara Rp 300, dan nilai share margin antara 20 - 25%. Saluran pemasaran IV adalah Peternak → Agen Pengumpul → Pedagang Besar → Pedagang Kecil → Konsumen Akhir, dengan nilai margin antara Rp 150 - 300, dan nilai share margin antara 12,50 – 20%. Saluran pemasaran I, II, III dan IV tergolong efisien, karena pemasaran dikatakan efisien jika share margin lebih dari 40%.

Item Type: Article
Divisions: Faculty of Science and Technology > Agroteknologi
Depositing User: Unnamed user with email tama@pancabudi.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 08:08
Last Modified: 15 Jun 2022 03:26
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item
View Item