Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Penumpang Perum Damri Sumatera Utara

AFRIYANI, AFNI Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Penumpang Perum Damri Sumatera Utara.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
AFNI AFRIYANI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui
apakah kualitas pelayanan, fasilitas dan harga tiket berpengaruh secara parsial
maupun secara simultan terhadap kepuasan penumpang pada Perum Damri.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh penumpang pada penumpang Damri
yang akan menuju ke Bandara Kualanamu yang dari titik keberangkatan dari kota
Medan dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Data yang
diperoleh merupakan hasil penyebaran kuesioner kepada responden yang
kemudian diolah melalui aplikasi pengolah data SPSS. Hasil penelitian dan
pengolahan data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial
berpengaruh positif dan signifkan terhadap kepuasan penumpang dengan nilai
thitung dari variabel kepuasan penumpang sebesar 3,116 dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,002; fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifkan terhadap
kepuasan penumpang dengan nilai thitung dari variabel 4,304 sebesar 1,984 dengan
tingkat signifikansi sebesar 0,000; harga tiket secara parsial berpengaruh positif
dan signifkan terhadap kepuasan penumpang dengan nilai thitung dari variabel
motivasi sebesar 2,593 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,011 dan kualitas
pelayanan, fasilitas dan harga tiket secara simultan berpengaruh positif dan
signifkan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai F-hitung sebesar 5,328
dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hasil menunjukkan bahwa Fhitung
sebesar 11,928 > Ftabel sedangkan Ftabel sebesar 1,984 yang dapat dilihat pada α
= 0,05 (lihat lampiran tabel F). Probabilitas siginifikan jauh lebih kecil dari 0,05
yaitu 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dikatakan bahwa dalam penelitian
ini kualitas pelayanan, fasilitas dan harga tiket secara simultan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menyatakan bahwa semakin
harga suatu produk maupun jasa sesuai dengan kualitas suatu produk atau jasa
maka kepuasan yang dirasakan pelanggan akan semakin nyaman . Semakin tinggi
kualitas pelayanan atau fasilitas dan harga yang di berikan maka , maka semakin
tinggi pula tingkat kepuasan pelanggan yang dihasilkan dari produk dan jasa
tersebut dapat dikatakan, kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan
dari suatu perusahaan.

Item Type: Article
Divisions: Faculty Social Sciences > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Unnamed user with email tama@pancabudi.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:36
Last Modified: 17 Jun 2022 07:36
URI: http://eprints.pancabudi.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item
View Item